Kebiasaan sehari-hari yang merusak gigi


Menjaga agar gigi selalu sehat adalah dengan menyikatnya setiap hari. Sayangnya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa kebiasaan Anda yang ternyata salah dan berakibat buruk terhadap kesehatan gigi dan mulut.
Menyikat gigi setiap hari belumlah cukup untuk melindungi gigi jika Anda masih melakukan beberapa kesalahan kecil seperti dibawah ini. Berikut adalah kesalahan umum tersebut.

1. Ngemil di malam hari
Pada malam hari, mulut akan memprosuksi saliva atau air liur lebih sedikit dibanding siang hari. Sedangkan air liur merupakan ‘senjata’ penting yang akan membantu membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi. Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam Journal Eating Behavior, orang yang biasa mengemil di malam hari cenderung akan mengalami penanggalan gigi lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kebiasaan tersebut.

2. Bernapas dari mulut
Ketika hidung kita sedang mampet karena flu atau saat berolahraga, terkadang kita sering melakukan pernapasan melalui mulut. Dan kebiasaan ini membuat mulut kita akan kekurangan saliva yang bertugas melindungi gigi dari kerusakan, jelas Lori Anna Dees, root canal specialist yang bermukin di Mequite, Texas.

3. Mengonsumsi permen karet secara berlebihan
Mengunyah beberapa buah permen karet tidak akan berbahaya bagi mulut kita. Apalagi permen karet dengan kandungan xylitol yang malah bisa mencegah terjadinya gigi berlubang. Namun, mengunyah permen karet terlalu banyak dapat menyebabkan iritasi pada sendi temporomandibular (sendi rahang), ujar Leichtung. Masalah pada persendian rahang bisa memicu sakit kepala, nyeri leher, sakit pada telinga dan wajah.

4. Menggigit kuku
Tidak hanya merusak kuku, kebiasaan menggigit kuku juga berbahaya untuk gigi kita, Mengapa? Kebiasaan buruk ini akan merusak bagian ujung gigi kita. Menurut Academy of General Dentistry, orang yang suka menggigit kuku memiliki risiko yang tinggi menderita bruxism atau kebiasaan menggeretakan gigi pada saat tidur.

5. Meminum langsung dari botol, gelas atau kaleng
Meneguk jus atau minuman bersoda dan membiarkannya berkontak langsung dengan gigi, dalam jangka panjang bisa memicu terjadinya gigi berlubang. Minimalisasi kontak langsung asam ke gigi kita dengan menggunakan sedotan setiap kali ingin minuman-minuman asam tersebut. Posisikan sedotan agar cairan bisa langsung masuk ke bagian belakang mulut kita.

6. Menyikat gigi dengan gerakan horizontal
Hindari perusakan email gigi dengan membiasakan teknik penggosokan gigi yang tepat. Bukan secara horizontal, tapi biasakan dengan memegang prinsip merah-putih (dari gusi ke gigi).

7. Kebiasaan merokok dan minum alkohol
Seiring dengan semua bahaya yang ditawarkan olehnya, merokok juga menjadi salah satu penyebab masalah untuk gigi. Produk tembakau dan minum terlalu banyak alkohol adalah kebiasaan buruk yang mempengaruhi kesehatan mulut secara keseluruhan.

“Orang yang merokok akan lebih berisiko terkena penyakit gigi dan gusi dibandingkan orang yang tidak merokok. Selain merokok, mengonsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker mulut,” ujarnya.

8. Mengigit pensil & es batu
Saat merasa gugup atau ketakutan, tidak jarang Anda mengigit-gigit ujung pensil atau mengunyah es batu. Kebiasaan kecil ini adalah kebiasaan yang berbahaya, walau tidak menyebabkan kerusakan gigi yang serius.

“Orang yang mengunyah es, mengigit pensil atau menggertakkan gigi karena mereka stres, dapat dengan cepat mengurangi enamel bawah pada gigi,” tambahnya.

9. Kebiasaan makan makanan asam dan berwarna
Beberapa makanan berwarna dapat membuat gigi menjadi kuning dan gelap. Sebut saja di antaranya: anggur, kopi, teh, soda, wortel, jeruk, dan makanan yang mengandung warna lainnya. Makanan yang mengandung pewarna itu, jika dikonsumsi terus menerus akan membuat gigi tidak putih lagi. Terlebih, asam yang terkandung dalam buah-buahan masam akan memicu munculnya warna kuning dari gigi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s