Minum Soft Drink Bikin Wajah Tampak Lebih Tua


Soft drink memang jitu untuk mengusir dahaga kala panas mendera. Namun, amat disayangkan banyak mengonsumsi minuman tersebut akan membuat tampilan wajah Anda tampak tua.

Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa banyak mengkonsumsi soft drink bisa membuat tampilan wajah tampak tua dari usia yang sebenarnya.

Para ilmuwan memperingatkan bahaya minuman bersoda bagi kulit. Mereka mengklaim minuman ini dapat membuat Anda tua sebelum waktunya.

Penelitian menunjukkan bahwa fosfat, yang memberikan rasa tajam pada banyak minuman ringan, dapat mempercepat proses penuaan, seperti munculnya kerutan-kerutan. Mineral yang juga ditemukan dalam daging olahan, kue dan roti ini, juga dapat membuat kulit dan otot layu serta merusak jantung dan ginjal.

Meskipun percobaan dilakukan pada tikus, peneliti dari Harvard University percaya hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kandungan fosfat dalam dosis tinggi berpotensi memberikan risiko pada manusia.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa keseimbangan fosfor mempengaruhi proses penuaan,” ucap Gerald Weissmann, peneliti yang mempublikasikan penelitian ini dalam jurnal FASEB.

Dalam penelitian terbaru ini, Dr. M. Shawkat Razzaque dan rekannya dari sekolah kedokteran gigi Harvard, melihat pengaruh tingginya kadar fosfat dalam tubuh pada tiga kelompok tikus.

Kelompok pertama adalah rekayasa genetika yang memiliki gen yang disebut klotho, yaitu hormon anti aging yang memiliki cara kerja yang unik, kekurangan hormon ini dapat meyebabkan osteoporosis atau keadaan penuaan lainnya.

Setelah diberi makanan berkadar fosfat tinggi, mereka hanya mampu bertahan hidup selama 8 sampai 15 minggu dan menderita berbagai masalah terkait dengan penuaan dini.

Kelompok kedua yang diberi fosfat dalam dosis normal dan tidak memiliki klotho, dapat hidup selama 20 minggu. Sementara kelompok ketiga yang dibesarkan seperti kelompok kedua, tetapi diberi makan makanan tinggi fosfat meninggal dalam waktu 15 minggu.

Hasil ini menunjukkan bahwa makanan yang mengandung fosfat memiliki efek beracun. Para peneliti juga memperingatkan bahwa mineral ini bisa memperpendek usia kulit dan otot-otot serta memicu atau memperburuk ginjal dan masalah jantung.

“Manusia memerlukan diet yang sehat dan menjaga keseimbangan fosfat dalam makanan mungkin penting untuk kehidupan yang sehat dan umur panjang. Hindari racun pada fosfat dan nikmati hidup yang sehat,” kata para peneliti.

Ini bukanlah penelitian pertama yang mengkonsentrasikan pada karbonasi cola, yang dikaitkan dengan tulang rapuh, kanker pankreas, kelemahan otot dan kelumpuhan. Mengonsumsi dua kaleng minuman bersoda dalam seminggu diperkirakan dapat meningkatkan risiko akan penyakit ini. [muslimdaily]

Adopted from muslimdaily.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s